Kali ini Kita bertemu dalam Seri Ramadanamic, di mana kita akan menyelami berbagai strategi dan tips bisnis yang cocok diterapkan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Bagi yang baru memulai puasa, selamat menunaikan ibadah puasa. Bagi yang sudah di hari kedua, semoga tetap semangat!
Ya, di bulan suci ini, kita tidak hanya fokus pada ibadah, tapi juga memanfaatkan peluang bisnis yang berlimpah. Di artikel kali ini, mari kita simak beberapa permasalahan bisnis yang sering muncul di bulan Ramadhan dan bagaimana cara mengatasinya.
Pertama, persoalan bisnis itu butuh yang namanya MOMENTUM. Momentum adalah waktu yang tepat. Nah, pada bulan Ramadan ini sebenarnya merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan bisnis kita. Apabila kita memulai bisnis baru-baru ini saja ataupun kita baru merintis binis satu bulan, dua bulan atau bahkan sampai sampai satu tahun pertama ini. Nah, maka ramadhan ini saat tepat untuk mengenalkan bisnis Kita, pada calon konsumen maupun konsumen-konsumen kita yang sudah ada sekarang ini.
Kenapa demikian? mengenalkan bisnis saat bulan ramadan itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Karena bulan ramadan ini meskipun kita berpuasa, tapi realitasnya tingkat konsumsi masyarakat indonesia melebihi hari hari biasa.
Contohnya dihari-hari biasa bukan bulan ramadan, orang tidak berbelanja pakaian, maka bila bisnis kita bisnis pakaian, kita perlu memberi label pada pakaian tersebut. Kemudian, saat Ramadan tiba, saat laku banyak, maka kita bisa dikenal produknya oleh konsumen- konsumen Kita. Apalagi produk kita memiliki nilai lebih, yang harus kita jelaskan pada konsumen. Maka, saat Ramadhan ini lah momen yang tepat untuk memulai bisnis atau untuk mulai memperkenalkan bisnis itu.
Lalu bagaimana cara selanjutnya untuk memperkenalkan bisnis, memanfaatkan momentum Ramadan?? Kita sambung di seri berikutnya.
Baca juga artikel lainnya: Cara Memasarkan Produk Makanan Paling Ampuh