Udah menerapkan apa aja nih buat meningkatkan penjualan bisnismu?? Sudahkah mencoba strategi marketing 4C ?? Jika belum, mumpung nih mimin bakalan nge-bahas strategi marketing 4C yang tokcer banget, yang bakalan bisnis kamu bakalan makin di hati dan diminati konsumen. Metode ini adalah perkembangan dari marketing mix 4P yang telah dibahas sebelumnya.. jadi ini merupakan versi modern nya. Strategi 4C ini adalah sebuah singkatan, yang terdiri dari Customer, Cost, Convinience, dan Communication. Jadi cara tersebut mengandung 4 komponen itu, buat selengkapnya, langsung aja cek dibawah ini:
- Customer- Consumer Value
Sebelum atau bagi yang sudah menjalankan bisnis, strategi 4C pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui need dan want konsumen. Dengan cara ini, kamu bisa benar-benar memahami apa yang konsumen butuhkan dan inginkan. Cara ini cukup efektif buat bersaing dan mempertahankan bisnis di pasar. Metode yang bisa dilakukan antara lain: proaktif memberikan solusi, terapkan standar pelayanan, berikan produk yang bernilai dan masih banyak lagi.
2. Cost
Cost ini ditentukan berdasarkan perspektif konsumen, jadi secara sederhana nya bukan lagi dari total biaya produksi. Jadi penentuan ini harus mempertimbangkan seberapa banyak konsumen mau membayar nilai penawaran produk jasa atau barang yang kita pasarkan. Jika pada awalnya, harga adalah penentu konsumen menggunakan sebuah produk atau tidak. Namun, kenyataan nya keputusan pembelian bergantung pada siapa targetnya dan bagaimana mereka menilai produk kita. Intinya, pertimbangkan persepsi konsumen untuk menentukan harga jual produk mu.
3. Convinience
Kenyamanan adalah salah satu faktor yang membuat konsumen menggunakan produk kita. Karena alasan itulah, dunia perbisnisan menghadirkan convenience, yang mampu memberikan kenyamanan berupa kemudahan, kecepatan dan kenyamanan. Dalam hal ini, bisnis kamu harus bisa memberikan program loyalitas, berinovasi, memberikan layanan prima, hingga kemudahan dalam melakukan pemesanan.
4. Communication
Dalam hal apapun komunikasi itu krusial banget ya, apalagi dalam sebuah bisnis. Communication dalam konteks ini adalah pergeseran dari kata “promosi“. Jadi, komunikasi dalam hal ini adalah sebuah penyempurna aktivitas atau strategi lainnya. Jika promosi tujuannya untuk melakukan manipulasi yang mendorong terjadinya penjualan, maka komunikasi ini lebih kepada pendekatan dan konsumen dilibatkan penuh buat memberikan pendapat dalam rangka inovasi produk, penetapan harga, lokasi penjualan dan masih banyak lagi.
Supaya bisa nyambung, kamu juga perlu nih baca penerapan strategi 4P, biar makin maksimal marketing yang kamu jalankan. Jangan lupa juga, buat sering-sering baca artikel lainnya di AYO BISNIS.