Seberapa lama kamu terjun dalam dunia bisnis?? Apakah sudah mengetahui tentang customer experience? Trus, tahu nggak sih apa pentingnya bagi sebuah bisnis?? Kalau belum tahu, yuk kita kulik bareng, biar makin berkembang bisnis nya.
Customer Experience atau pengalaman pelanggan adalah sebuah tanggapan dari konsumen yang sifatnya subjektif mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan. Dengan adanya customer experience tersebut bisa menstimulai konsumen untuk memberikan penilaian dan juga bisa meningkatkan nilai produk dan jasa.
Kedua hal itu merupakan hasil interaksi secara langsung atau bisa juga melalui daring, antara konsumen dan perusahaan atau bisnis. Proses itulah yang menciptakan persepsi yang kemudian akan mempengaruhi penilaian terhadap bisnis. Jadi, intinya pengalaman pelanggan sangat penting bagi sebuah bisnis.
Disamping itu, bisa digunakan untuk menganalisa hingga mengetahui tingkat kepuasan konsumen, feedback pelanggan, loyalitas pelanggan hingga seberapa efektif strategi yang sudah dijalankan. Selain itu, timbal balik yang diberikan oleh konsumen bisa mempengaruhi citra perusahaan di mata konsumen dan berdampak pada keberlangsungan usaha. Membangun customer experience manfaatnya sangat banyak loh, trus bagaimana cara menerapkannya pada bisnis?? Simak dibawah ini deh:
- Tentukan Experience
Tak semua pelanggan memiliki pengalaman yang sama, walaupun layanan dan produk yang diberikan sama persis. Perbedaan itulah yang akan menentukan pengalaman pelanggan yang akan kamu jadikan target. Jadi, pengalaman seperti apa yang kamu inginkan dari konsumen?? Apakah kesan yang biasa saja dan produk biasa?? Ataukah kesan inovatif dan berkualitas?? Penentuan experience ini juga akan mempengaruhi strategi pemasaran yang kamu terapkan.
- Fast Response
Pelayanan yang cepat dan tanggap adalah salah satu alasan konsumen memilih suatu produk maupun jasa. Sehingga, agar tercipta pengalaman yang baik, pastikan selalu memberikan pelayanan yang cepat kepada smua pelanggan. Tak hanya pelayanan secara langsung aja loh, pelayanan secara daring pun perlu banget diperhatikan.
- Berikan reward
Sesekali, kamu perlu mengeluarkan biaya extra untuk memberikan reward atau penghargaan kepada pelanggan. Entah itu dalam bentuk diskon, souvenir hingga bingkisan. Mungkin hanya hal-hal kecil namun hal ini akan memberikan dampak yang baik terhadap customer experience.
Setelah baca, jadi tahu kan pentingnya customer experience buat bisnis?? Jadi, biar makin berkembang, jangan lupakan customer experience. Oiya, masih butuh tips dan trik bisnis lainnya?? Jangan lupa gabung AYO BISNIS!!