Sekitar sebulan yang lalu saya menebak-nebak, kenapa ada Karen Chicken dari Group Olive?? Minggu berikutnya, saya tertarik dengan Tolak Angin Care. Berdasarkan googling, Fresh Care meluncur akhir tahun 2010an.
Kala itu saya kagum dengan fresh care, menurut saya fresh care adalah suatu produk anti masuk angin dengan terobosan terbaru. Mulai dari nama, tampilan hingga cara pakainya sangat user friendly dan kekinian. Walaupun, kalau dilihat dari idenya hanya inovasi komposisi dan adopsi dari kemasan parfum, tapi sungguh luar biasa hasilnya.
pasar anti masuk anginSaya ingat betul, kompetitor yang Head On langsung yaitu Safe Care dan saya googling, ternyata Safe Care dirilis tahun 2012. Kemunculan ini sebagai follower safe care dan memposisikan persis dengan produk inovator. Safe Care sebagai second brand berhasil menjadi produk substitusi/ pengganti dikala persediaan produk leader dipasar sedang kosong. Meskipun tidak bisa menguasai pangsa pasar , namun ceritanya tak jauh berbeda dari Brand Rinso dan Aqua.
Setelah sekian lama, saya baru mengetahui tahun 2021 bahwa kompetitor baru yaitu Tolak Angin Care launching. Dimana secara keseluruhan 100% sama dan yang lebih gila lagi, sepengetahuan saya harganya lebih terjangkau. Hal ini membuktikan bahwa bisnis itu sangat liar dan seringnya kejam. Dimana Sido Muncul Group adalah salah satu pemain besar di sektor jamu dan produk-produk kesehatanlainya. Bahkan telah masuk sektor akomodasi dengan membangun Hotel tentrem di Yogyakarta.
Dari pemikiran diatas, membuktikan bahwa kita harus selalu waspada terhadap datangnya pesaing, dengan senjata penuh dan amunisi serta teknologi baru yang lebih canggih. Kalau sudah begini, apa mau dikata bagi Fresh Care, harus tetap berjuang untuk menjadi Market Leader dan membuatinovasi-inovasi baru.
Dimana ini juga terjadi dalam usaha atau bisnis yang saat ini sedang kita rintis dan geluti. Sampai nggak habis-habisnya saya berpikir kalau seandainya saya pemilik PT. Ultra Sakti pemilik brand Fresh Care harus menggunakan strategi apalagi dg kompetisi yg sudah berdarah-darah ini. Atau haruskah fresh care masuk dalam sektor minuman anti masuk angin?? Sungguh membingungkan, saya jadi tertawa sendiri memikirkannya ????
Artikel ini telah ditayangkan juga di website: yogyakartas.com