Siapa nih yang udah terjun dalam dunia bisnis, namun belum tahu apa itu brand awareness?? Kalau belum tahu, yuk sama-sama belajar, biar bisnis nggak cma gitu-gitu aja. Kali ini mimin bakalan berbagi ertikel tentang strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness. Apa aja sih?? Penasaran kan?? Simak deh dibawah ini:
- Konten Pemasaran
Pasti sudah sering mendengar kan tentang konten marketing belakangan ini?? Jadi, strategi ini berupa merencanakan, membuat dan membagikan konten yang mampu menarik audiens, yang selanjutnya mendorong mereka menjadi konsumen. Strategi ini diterapkan melalui foto, video, blog, e-book, email, sosial media dan masih banyak lainnya. Tentunya, konten-konten tersebut harus berkolerasi atau berhubungan dengan produk yang kamu jual. Jadi, cara ini seperti soft selling gitu, soalnya tujuannya adalah membangun brand awareness.
- Memberikan sponsorship untuk event
Dengan memberikan sponsor pada sebuah event, hal ini bisa meningkatkan brand awareness. Namun, perlu memilah event yang sesuai dengan target pasar produk mu. Selain itu, aktivitas ini juga akan meningkatkan brand image atau citra bisnismu.
- Kolaborasi dengan brand yang lebih besar
Strategi meningkatkan brand awareness selanjutnya adalah berkolaborasi dengan perusahaan atau brand besar. Yang perlu kamu lakukan sebelum melakukannya adalah merencanakan campaign, memilah calon partner, mempersiapkan kontrak atau perjanjian dan masih banyak lagi.
- Memberikan sampel gratis namun terbatas
Cara ini cukup efektif untuk diterapkan pada bisnis. Karena, dengan memberikan sampel gratis, pasti konsumen akan penasaran ” ini produk apa sih”. Dari rasa penasaran itulah, brand awareness akan meningkat. Terlebih, jika sampel yang diberikan terbatas, tentu juga akan menarik audiens untuk mendapatkannya. Atau berikan sampel secara gratis, namun timbale baliknya, penerima tersebut harus mengulas atau mereview produkmu di sosial media.
- Optimalkan sosial media
Salah satu media yang paling sering dibuka saat ini adalah sosial media, entah itu instagram, facebook, twitter atau lainnya. Strategi in cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis atau brand mu. 3 faktor yang permu kamu maksimalkan dalam sosial media, antara lain: profil picture, deskripsi perusahaan, kontak, alamat hingga marketplace. Ketiganya akan meningkatkan kredibilitas dan kesadaran akan sebuah merek.
Oke sekian artikel kali ini, kita sambung pada tips bisnis selanjutnya. Jangan lupa gabung AYO BISNIS untuk mendapatkan informasi tentang peluang dan tips bisnis lainnya. Sukses selalu kawula muda!!