Kalau Sobat Ayo Bisnis tinggal di kota Jogja, sekitar 3 tahunan yang lalu Saya rasa sudah tidak asing lagi dengan tulisan kuning bergambar ban mobil skilas mirip buah padi. Ya, tulisan MARIBAN di sebelah gambar ban begitu banyak tertempel di kaca belakang kendaraan roda empat saat itu. Saya bukan mempromosikan bisnis mereka ya, tapi ini pernah Saya tuliskan di group WA bisnis yang ada di dalamnya. Intinya banyak pelajaran bisnis dari stiker itu yang bisa Saya simpulkan.
Sebenarnya di tahun 2020 lalu Saya benar-benar penasaran dengan bisnis ini. Saking banyaknya mobil berstiker kuning di jalanan kota Jogja khususnya. Akhirnya kendaraan yang biasa Saya tumpangi juga berstiker sama hingga saat ini. Dari pengalaman ini, ternyata dalam proses nyetiker tadi, saya mendapatkan pelajaran bisnis yang mungkin bisa ditiru. Ini beberapa pelajaran itu :
Pertama, sistematika bisnis yang rapi walaupun masih terbilang baru. Dengan jumlah outlet yang belum begitu banyak saat itu, bisnis ini tertata sangat rapi dari sudut sistem. Hingga saat ini outlet sudah menjangkau banyak di seputar Jawa Tengah. Karena sistem yang rapi dan tertata semua layanan dari harga dan lainnya sangat up to date karena terkoneksi menggunakan sistem sehingga terintegrasi dan online.
Yang paling hebat, bukan hanya harga, metode pembayaran yang beragam, ketersediaan stock, nota penjualan, dan data base konsumen semuanya sudah terintegrasi dalam satu sistem online. Dari sini semua layanan di semua outlet dapat diketahui oleh seluruh cabang juga.
Kedua, ada garansi layanan. Walaupun layanannya cuma sekedar jualan ban mobil, bisnis ini berani memberikan garansi. Hal ini Saya rasa sangat berbeda dengan bisnis sejenis lainnya. Saya sudah membuktikan dan membandingkannya sendiri juga. Walaupun kejelasan garansi seperti syarat penggantian baru mungkin tidak semudah yang Kita bayangkan, namun paling tidak menjadi daya tawar tersendiri.
Ketiga, adanya fasilitas tambahan tanpa menambah biaya dengan syarat tertentu. Hal yang Saya alami dan berdasarkan penjelasan mereka, setiap pembelian 2 unit ban apapun mereknya ada fasilitas tambahan berupa gratis sporing dan balanching. Pada layanan gratis ini juga masih ada garansi hingga 90 hari. Mungkin biaya fasilitas tambahan ini tidak begitu mahal, namun menjadi daya tawar tersendiri untuk beberapa konsumen.
Keempat, dalam setiap outlet mereka ada seorang kepala yang memang benar-benar mumpuni di bidangnya. Hal ini sangat terasakan saat Saya bertanya tentang dunia ban kendaraan. Dari penjelasannya tergambar bahwa yang bersangkutan sudah dibekali pengetahuan standart, sehingga mampu memberi solusi bagi konsumen yang membutuhkan. Pengalaman juga dari penggantian Saya, ban lama saya diacak-acak dengan yang baru karena secara ilmu pabrikan terdapat salah pemasangan.
Kelima, kelengkapan peralatan dan kenyamanan ruang pelayanan. Dari pengamatan Saya peralatan yang digunakan di semua outlet sama dan sudah standart perbengkelan profesional sehingga ada jaminan ketepatan dalam layanan. Dari peralatan pencopotan dan pemasangan hingga layanan ganti atau tambah nitrogen serta layanan gratis spooring and balancing. Semuanya lengkap dan terkini sehingga benar-benar terjamin. Dari sisi tempat pelayanan juga demikian. Kecukupan ruang layanan hingga tempat menunggu terbilang cukup nyaman bagi konsumen.
Keenam dan terakhir, tentang stiker. Seperti yang Saya katakan di awal begitu banyak mobil berstiker bisnis ini. Persoalan STIKER sebenarnya terlihat sepele, tapi positioningnya luar biasa. Saya tidak tahu sudah berapa mobil berstiker bisnis ini di jalanan Jogja. Secara efek dari stiker ini Saya juga kurang tahu persis, yang jelas Saya tahu bisnis ini gegara stiker yang sering terlihat. Pelajaran dari stiker ini juga juga banyak ternyata, di antaranya;
- Fasilitas gratis tambal di semua outlet dan ini memang benar-benar gratis. Nambal ban mobil biasanya kalau di outlet nitrogen pom bensin bisa menghabiskan biaya minimal 30 ribu.
- Fasilitas gratis isi nitrogen di semua outlet. Ini jelas sangat membantu karna kalau Kita isi di tempat lain per ban minimal 10 ribu. Apalagi dengan jumlah outlet yang sekarang sudah mulai banyak jelas sangat memudahkan.
Semua pelajaran ini mungkin terlihat sepele, tapi bagi konsumen sudah sangat cukup membantu dan bermanfaat. Saya rasa dari pelajaran bisnis ini ada ilmu yang bisa Kita tiru. Tidak harus persis karena setiap bisnis punya spesifikasi yang berbeda. Namun bisa juga Kita modifikasi untuk bisnis yang sedang Kita jalani. Seperti membership, watermark mungkin, atau apapun lah yang lainnya.
Mari Kita renungkan yang bisa dilakukan untuk bisnis Kita. Selamat merenung, dan jangan lupa segera mencobanya. Karena merenung saja jelas tidak cukup tanpa mencobanya…!
Baca juga artikel lainnya : Bahagia Membahagiakan