Pekerjaan dalam aktifitas bisnis sebagaimana juga dalam keseharian hidup Kita memang sangat banyak sekali. Bila Kita melihatnya dari kejauhan sepertinya akan rumit terselesaikan. Belum lagi terkadang Kita diganggu oleh pikiran Kita sendiri yang cenderung mendorong untuk malas melakukannya. Akhirnya tidak ada yang terselesaikan. Oleh karena itu melihat kenyataan ini Kita harus jeli.
Berikut langkah-langkah yang Saya rasa dapat Kita lakukan untuk menyelesaikan aktifitas bisnis yang sering Kita lihat “semrawut” dalam bahasa Jawa.
Pertama, tuliskan semua aktifitas yang harus Sobat lakukan dalam satu memo. Ini penting. Kalau Kita tidak menuliskan, biasanya akan ada suatu pekerjaan yang tertinggal. Oleh karenanya, saat sebelum istirahat atau sebelum rehat beraktifitas tuliskan dalam memo yang kira-kira tidak mudah hilang. Tuliskan saja kesemua aktifitas atau rencana yang akan dikerjakan agar tidak ada yang tertinggal.
Kedua, pilah dari aktifitas atau rencana tersebut berdasarkan kategori-kategori yang mendekati. Misal mau melakukan kunjungan ke konsumen A, ke konsumen C, ke konsumen D, dan seterusnya. Berarti planning atau pekerjaan yang akan dikerjakan adalah melakukan kunjungan. Buat sub judul aktifitas atau planning berupa kunjungan ke calon konsumen atau konsumen.
Ketiga, urutkan berdasarkan prioritas. Dari sekian banyak aktifitas bisnis maupun planning kerja pada dasarnya tidak harus dikerjakan dalam satu waktu yang bersamaan. Oleh karennya urutkan rencana atau aktifitas tersebut sesuai dengan skala prioritas yang harus diselesaikan. Atau bisa juga mengurutkan berdasarkan kemungkinan Kita dapat melakukannya. Misal Kita menyusun rencana pembelian inventaris berupa laptop di toko A. Nah apabila Kita juga ada jalur perjalanan kunjungan ke calon customer di lokasi yang berdekatan dengan toko A tersebut maka Kita bisa sekaligus jalan kunjungan dan melakukan pembelian. Ini akan semakin mengefisiensikan pekerjaan yang Kita lakukan.
Keempat, lakukanlah satu per satu hingga tuntas. Kalaupun tidak sampai tuntas, paling tidak Sobat harus melakukannya mendekati tuntus. Itu pun dengan syarat bila aktifitas tersebut memang membutuhkan waktu yang panjang. Atau paling tidak membutuhkan alat tambahan yang menghalangi pekerjaan tersebut bila dilakukan saat itu juga.
Intinya di sini, Sobat Ayo! Bisnis harus melakukan seluruh aktifitas bisnis maupun perencanaan satu per satu. Dalam bahasa populernya “one by one”. Kalau orang Jawa menyebutnya “siji siji”. Ini penting agar tidak semrawut segala aktifitas yang Kita lakukan. Yuk Kita coba! Tidak ada kok pekerjaan yang tidak bisa Kita selesaikan. Hanya butuh langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!
Baca artikel lainnya : Superman Itu Gak Ada, Bentuklah Tim!